Perbedaan Lift Rumah Tinggal dan Lift Publik

Januari 16, 2024

Perbedaan Lift Rumah Tinggal dan Lift Publik

Lift atau elevator adalah transportasi vertikal pada bangunan bertingkat. Fungsi dari lift adalah sebagai alat pengangkut manusia atau barang. Umumnya, lift digunakan pada gedung-gedung bertingkat tinggi. Namun seiring perkembangan waktu, rumah dengan lebih dari 1 lantai sekarang menggunakan fasilitas home lift untuk mempermudah mobilitas antar lantai. (Baca Juga : Jenis Lift Berdasarkan Fungsinya)

Selain memudahkan mobilisasi antar lantai di dalam rumah, ternyata lift rumah memiliki banyak manfaat lainnya. Kini, banyak rumah mewah yang memiliki jumlah lantai lebih dari satu, bahkan dapat mencapai hingga empat lantai. Lift rumah terjamin keamanannya bagi anggota keluarga baik anak-anak hingga lansia.

Disamping itu lift publik lebih untuk bangunan komersial yang dirancang untuk memenuhi peraturan keselamatan serta struktur bangunan internasional. Lift publik yang baik dapat menunjang keselamatan dan kenyamanan para pekerja

Dalam menentukan pemasangan lift, baiknya perlu dipahami terlebih dahulu apa perbedaan mendasar Lift rumah tinggal vs Lift publik. Berikut ini perbedaan mendasar pada Lift rumah dan Lift publik adalah :

- Perbedaan Pit : Pada lift konvensional dibutuhkan ruang bawah lantai yang dalam untuk menempatkan mesin lift elevator, sedangkan pada lift rumah tinggal seperti Aritco Home Lift dari Skelevator hanya membutuhkan pit sedalam 5 cm saja.

- Perbedaan Shaft : Shaft yang digunakan pada lift publik adalah all steel. Sedangkan shaft pada lift rumah menggunakan kaca jenis double tempered laminated glass di sekelilingnya. Penggunaan kaca pada lift rumah juga dapat menghemat ruang

- Perbedaan Pilihan Warna : Pada lift publik hanya tersedia warna glossy yang lebih murah sehingga pilihan warnanya juga sedikit. Sedangkan pada lift rumah, biasanya menggunakan berbagai warna yang dapat disesuaikan dengan desain interior rumah.

- Perbedaan Panel Kontrol : Pembuatan lift publik harus sesuai dengan Undang Undang aksesibilitas EU, sehingga memerlukan tombol mekanis dengan ukuran yang sudah ditentukan. Hal tersebut membuat panel kontrol lift public berukuran lebih besar. Sedangkan pada lift rumah menggunakan solusi premium seperti SmartControl pada Aritco HomeLift pada bagian panel layaknya kontrol kemudi mobil mewah.

- Fitur Tambahan yang Berbeda : Pada lift publik, fitur kunci dapat ditambahkan pada pintu, namun membutuhkan bantuan dari teknisi untuk mengaktifkan maupun menonaktifkan fitur kunci tersebut. Sedangkan pada lift rumah dapat menggunakan akses finger print.

- Perbedaan Daya Listrik : Pada umumnya, lift publik memerlukan minimal 1.000 watt untuk dapat menjalankan operasionalnya. Semakin besar kapasitas dan daya angkut beban maka membutuhkan daya listrik yang lebih besar. Sedangkan lift rumah hanya membutuhkan daya listrik sekitar 1.000 hingga 2.000 watt.

Setelah mengetahui perbedaan mendasar lift rumah tinggal vs lift publik, Anda dapat mengetahui lift jenis apa yang sesuai dengan kebutuhan utama Anda.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai lift rumah tinggal, Anda dapat menghubungi kontak kami melalui www.skelevator.co.id.