Lift Elevator Berdasarkan Sistem Penggerak Yang Perlu Anda Ketahui!

Januari 20, 2024

Lift Elevator Berdasarkan Sistem Penggerak Yang Perlu Anda Ketahui!

Lift elevator adalah sesuatu yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di era ini, seiring dengan ketersediaan lahan yang semakin menipis khususnya di kota-kota besar, berbagai jenis bangunan dikembangkan dengan pendekatan vertikal. Ini berarti banyak bangunan yang didirikan dalam beberapa lantai untuk memenuhi kebutuhan ruang dengan penggunaan lahan agar lebih efisien. Mulai dari perkantoran, hotel, mall, apartemen, GOR, tempat ibadah hingga rumah dibuat bertingkat.

Namun, tahukah Anda jika lift yang biasa kita lihat seperti lift mall, lift rumah sakit, maupun lift rumah ternyata menggunakan sistem penggerak yang berbeda-beda? Yuk mari kita simak bersama penjelasan singkat mengenai jenis-jenis lift berdasarkan sistem penggerak yang dapat menjadi acuan Anda dalam memilih lift sesuai dengan kebutuhan!

- Lift Hidrolik

Lift hidrolik adalah lift yang menggunakan tekanan hidrolik pada cairan (biasanya oli) untuk menggerakan lift naik turun. Lift sistem ini dihubungkan dengan silinder hidrolik, saat silinder tersebut dipenuhi dengan oli maka lift akan bergerak naik ke atas. Saat ingin turun ke lantai bawah, maka aliran oli dibalik sehingga lift akan bergerak turun ke bawah. Sistem ini dikenal sederhana dan efisien dan telah digunakan di berbagai gedung dengan ketinggian 2 - 8 lantai.

Lift dengan sistem hidrolik populer digunakan karena pemasangannya lebih terjangkau dan masih memiliki biaya perawatan yang relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan sistem yang lain. Namun lift hidrolik menggunakan lebih banyak energi karena menggunakan motor listrik yang bekerja melawan gravitasi.

- Lift Traksi

Lift dengan sistem traksi memiliki motor listrik di atas poros yang dilewati tali untuk menaikkan dan menurunkan lift. Lift sistem ini dapat berjalan jauh lebih cepat dibandingkan lift hidrolik. Seperti jenis lift lainnya, sistem ini menggunakan counterweight, yang menghilangkan beban penumpang sehingga motor penggerak lebih mudah memindahkan beban lift.

- Lift Screw-Driven

Lift screw-driven menggunakan sekrup agar lift dapat bergerak naik turun. Sistem kerja lift teknologi ini adalah dengan mengangkat ataupun menurunkan platform lift menggunakan mur yang berputar di sekitar screw.

Lift sistem ini banyak digunakan di rumah, ruko, kantor atau bangunan dengan maksimal 5 atau 6 lantai saja (low rise building). Lift elevator teknologi ini juga sangat praktis karena tidak memerlukan ruang mesin terpisah, tidak perlu lubang pondasi, tidak perlu shaft dan tidak perlu mengganti oli sebanyak lift hidrolik. Selain itu, lift ini juga dikenal sangat aman, hemat listrik dan bergerak tanpa suara.

Jika Anda ingin memasang lift rumah atau lift untuk tempat usaha dengan ukuran bangunan yang tidak terlalu tinggi, maka lift elevator dengan sistem screw-driven dari Skelevator adalah pilihan yang paling tepat untuk Anda.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai jenis-jenis sistem penggerak lift, Anda dapat mengunjungi website kami di   www.skelevator.co.id atau WhatsApp di 081211312224