AUGMENTED REALITY (AR) DI ARITCO
KEMAJUAN TEKNOLOGI
Sebagai pelopor teknologi di bidang lift rumah, Aritco memiliki kemampuan untuk memanfaatkan inovasi terbaru untuk meningkatkan produk dan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Kami bertemu dengan Klas Dybeck, Kepala IT dan Digitalisasi dan salah satu orang penting yang memimpin kemajuan ini, untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana Aritco memanfaatkan salah satu inovasi tersebut – Augmented Reality (AR).
SEPERTI APA BEKERJA DENGAN IT DAN DIGITALISASI DI ARITCO?
“Kami berusaha untuk menjadi lebih dari sekadar departemen IT yang hanya membuat server, peralatan, dan infrastruktur” kata Klas, menambahkan bahwa “hal-hal ini seharusnya berfungsi, sehingga kami dapat berfokus untuk menjadi yang terdepan dalam digitalisasi.”
“CEO ingin kami di IT menjadi terdepan untuk inovasi dan mendorong kami untuk menemukan solusi dan aplikasi teknologi yang keren dan menyenangkan. Sebagian besar waktu kami dihabiskan untuk strategi dan pengembangan IT Aritco untuk jangka panjang.”
APA ITU AR DAN BAGAIMANA PELANGGAN DAN MITRA ARITCO DAPAT MEMANFAATKANNYA?
“Augmented Reality memungkinkan seseorang untuk menempatkan penggambaran digital dari sesuatu – dalam kasus kami lift – di ruang nyata menggunakan kamera di ponsel atau tablet.
Cara kerjanya cukup sederhana, yaitu:
- Pengguna mendesain lift mereka di LiftGuide, menggunakan perangkat yang didukung* dengan kamera.
- Setelah desain selesai, akan muncul tombol “”Lihat lift Anda dalam AR””
- Selanjutnya akan langsung terhubung dengan kamera perangkat kita dan gerakkan ke sisi ruangan untuk melihat bagaimana tampilan lift di sisi tersebut
- Voila! Lift yang telah didesain sebelumnya akan muncul di layar seolah-olah ada secara fisik.
Selain di rumah, kemudahan AR Aritco ini juga dapat diaplikasikan di area publik
APA LANGKAH SELANJUTNYA DI TECH PIPELINE ARITCO?
“Pertama-tama, tentunya kami akan sampaikan kepada masyarakat mengenai fungsionalitas AR yang kami miliki, karena ini adalah alat yang hebat dan sangat berharga bagi mitra dan pelanggan untuk memvisualisasikan desain lift di ruang mereka yang sebenarnya. Selanjutnya, tentu akan ada banyak peluang karena kami telah membangun model 3D dan dapat dengan mudah memanfaatkannya di tempat lain.”
“Virtual Reality (VR) adalah sesuatu yang kami lihat lebih jauh dan VR dan AR misalnya dapat digunakan di acara langsung dengan cara baru dan menarik” tutup Klas.